• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Sabtu, 05 Maret 2011

    Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB)


    1. Misalnya kita menjatuhkan dua batu dari ketinggian yang sama. Batu A bermassa 2 kg dan batu B bermassa 3 kg. Batu mana yang lebih dahulu tiba di permukaan tanah ? jelaskan ! (anggap saja tidak ada gaya gesekan udara) (level 2)
    2. Ketika sebuah benda melakukan Gerak Jatuh Bebas, apakah percepatannya bertambah atau berkurang ? jelaskan ! (level 2)
    3. Tunjukkan bahwa pada Gerak Jatuh Bebas, benda melakukan GLBB ! (level 2)
    4. Apa intisari dari Gerak Jatuh Bebas ? jelaskan ! (level 2)
    5. Bagaimana hubungan antara kecepatan, waktu dan jarak pada Gerak Jatuh Bebas ? jelaskan ! (level 2)
    6. Buah mangga yang ranum terlepas dari tangkainya dan jatuh menuju permukaan tanah. Jika tangkai buah berjarak 10 meter dari permukaan tanah dan massa buah mangga 5 gram, berapakah kecepatan buah mangga ketika tiba di tanah ? (level 3a)
    7. Buah kelapa jatuh dari dahannya dan tiba di tanah dengan kecepatan 10 m/s. Jika massa buah mangga 20 gram, berapa lama buah kelapa berada di udara ? (level 3a)
    8. Sebuah helikopter mengalami kerusakan mesin dan jatuh bebas dari ketinggian 500 meter. Kapan helikopter menyentuh permukaan tanah ? (level 3b)
    9. Dua batu dijatuhkan bersamaan dari ketinggian h1 da h2. Jika h1 : h2 = 1 : 2, berapa perbandingan antara t1 dan t2 ? (level 3b)
    10. Seorang penerjun payung meloncat dari sebuah helikopter. Setelah jatuh sejauh 20 meter, penerjun payung membuka parasutnya sehingga ia mengalami perlambatan 2 m/s2. Jika ia tiba di tanah dengan kecepatan 4 m/s2, berapa lama penerjun tersebut berada di udara ? (level 4)