• Breaking News

    Panduan dan Tutorial Lengkap serta Materi Pelajaran di Mulyono Blog. Konten Terlengkap dan Terpercaya

    Kamis, 17 Februari 2011

    Penemuan Planet Baru


    Example
    Example
    Seorang ilmuwan telah menemukan sebuah planet baru yang untuk sementara diberi nama WASP-12b (Wide Angle Search for Planets). Ukurannya adalah satu setengah kali dari planet Jupiter atau sekitar 2259 Centigrade. Planet inimemiliki suhu panas yang luar biasa yakni setengah kali panas permukaan matahari. Jika suhu panas tersebut diangkakan adalah sekitar 2200 derajat celcius!
    Planet ini memiliki waktu yang lebih cepat dari Bumi dalam mengelilingi matahari. Jika Bumi membutuhkan waktu 365 hari untuk mengelilingi matahari namun planet temuan baru tersebut mampu mengelilingi matahari hanya dalam 1 hari. Hal ini membuktikan bahwa planet ini telah menggeser posisi Planet Merkurius yang mengelilingi matahari selama 88 hari.
    Dalam menemukan planet tersebut, Ilmuwan menggunakan dua perangkat teleskop. Masing-masing teleskop ditempatkan di tempat yang berbeda. Teleskop pertama diposisikan di daerah Cannary, Spanyol. Sedangkan Teleskop kedua diposisikan didaerah Afrika Selatan. Alat tersebut sudah dirancang untuk menangkap planet yang sedang transisi dimana pada saat sebuah planet sedang melintas akan membuat sisi depan bintang Host tampak gelap.
    Don Pollaco, salah seorang ilmuwan penemu planet tersebut memperkirakan bahwa akan ada planet lagi yang memiliki suhu lebih panas dan memiliki sirkulasi tercepat. Apakah perkiraan Don tersebut akan terbukti? Kita tunggu saja.