Sejumlah Ruas Jalan di Jaksel Tergenang


rio/beritajakarta.com

BERITAJAKARTA.COM — 05-11-2013 17:30
Hujan deras dengan durasi yang cukup lama melanda sebagian besar wilayah Jakarta. Akibatnya, beberapa ruas jalan yang tidak memiliki drainase baik langsung menimbulkan genangan.

Seperti halnya di Jl Pangeran Antasari, atau tepat menjelang Jalan Layang Non Tol (JLNT) Cipete Selatan arah Blok M. Para pengendara, terutama roda dua harus menunda perjalanannya akibat genangan air setinggi 20-50 sentimeter di sepanjang 100 meter ruas jalan tersebut. "Nanti menunggu agak surut airnya, baru jalan," ujar Hanandi (29) pengendara sepeda motor Honda Vario B 2178 SIT, Selasa (5/11).

Selain itu, genangan juga timbul di Jl Fatmawati Raya arah Jl TB Simatupang. Hal ini diakibatkan belum sempurnanya proses peninggian, serta pengaspalan yang dilakukan. Alhasil, arus lalu lintas di kawasan ini menjadi tersendat karena banyak pengguna jalan yang memilih melintas di lajur yang lebih tinggi.

Genangan cukup panjang juga terjadi di Jl Karang Tengah Raya, Lebak Bulus. Jalan yang menghubungkan kawasan Lebak Bulus dengan Cinere ini tergenang dengan ketinggian hingga 50 sentimeter. Sehingga sepeda motor maupun mobil sedan pun harus berputar arah mencari jalur alternatif. "Takut airnya masuk ke mesin lebih baik cari jalan lain saja," kata Michael (34), pengendara Mitsubishi Galant B 4521 NS.

Kasie Pemeliharaan Sudin PU Tata Air, Kasna mengatakan, untuk Jl Pangeran Antasari yang tergenang, pihaknya masih mencari solusi. Karena ini seharusnya terintegrasi dengan pembangunan JLNT Antasari-Blok M. "Agak terhambat ke saluran karena ada tiang JLNT. Solusinya, ini harus dibuat crossing, tapi memang memakan waktu agak lama," ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah menyiapkan pompa sedot air mobile yang akan mengurangi volume air di jalan. "Kalau genangan parah kita kirim pompa mobile dengan kapasitas 500 liter perdetik untuk mengurangi genangan. Dan koordinasi dengan Sudin PU Jalan untuk segera ditinggikan," tandasnya.

Sementara itu, hujan disertai angin kencang juga membuat beberapa pohon di depan Universitas Pancasila, Jl Lenteng Agung Raya, depan kantor DPP PDIP, dan di Jl Kebagusan Raya tumbang. Akibatnya, beberapa ruas jalan mengalami kemacetan cukup panjang akibat batang dan badan pohon yang menutup sebagian badan jalan.          

Disponsori Oleh :

Semoga Artikel Sejumlah Ruas Jalan di Jaksel Tergenang Bisa Bermanfaat untuk kita semua.